Orang Kota yang Kampungan!

"Dasar orang kampung!"

Huh..saya suka sebel denger orang yang menyebut orang lain dengan kata-kata itu. Kok kesannya sombong banget. Apalagi klo ngomongnya dengan nada belagu. Cuih!
Emangnya apa salahnya orang kampung sih?

Mungkin dulunya, kata-kata 'orang kampung' dipakai untuk merujuk seseorang yang ngga tau apa-apa. Belom melek pendidikan, teknologi dan lainnya. Tapi kan bukan salah dia kalo ngga tau, karena memang pendidikan dan teknologi belum merambah sampai kampung. Makanya saat menemui hal baru, orang-orang dari kampung bisanya menunjukkan reaksi yang unik. Bahkan sampai memalukan dimata kita, orang yang biasa bergaul dengan hal-hal itu. Yah, mungkin kasarnya, orang kampung itu sering digambarkan sebagai orang yang nggak terpelajar atau ngga tau apa-apa.

Tapi bukan berarti kata-kata orang kampung bisa dipakai seenaknya saja donk! Justru menurut saya, orang kampung itu punya karakter yang menarik. Mereka biasanya ramah dan baik. Apalagi sama orang kota. Kenapa kok orang-orang kota (atau sok kota) begitu seenaknya menghina seseorang dengan sebutan 'orang kampung'.
Emangnya orang-orang kota kaya saya, kamu, atau kita itu udah pasti lebih baik dari orang kampung gitu? Mentang-mentang lebih modern jadi menganggap diri lebih baik dari orang kampung gitu yah?

Kalo saya sih lebih memilih menggunakan kata 'kampungan'. Karena kata itu lebih merujuk pada sifat yang engga terpelajar. Daripada orang kampung yang kesannya merendahkan derajat orang kampung.

Misalnya, ada orang yang mabok terus malah gelut di tengah konser. Itu kampungan. Tapi bukan orang kampung. Atau para suporter sepakbola yang melakukan tindakan anaris. Itu kampungan. Bukan orang kampung.

Lagian yah, kalo ditelusurin, saya yakin pasti ada anggota keluarga kita yang dari kampung deh. Dan kalo pas lebaran, orang-orang kota itu pasti pulang kampung. Tapi kok pas di kota malah menghina orang kampung sih.

Nah, jadi menurut saya, orang-orang belagu yang lagaknya sok, sombong, senga, dan menyebalkan yang suka nyebut 'orang kampung' itulah yang sebenernya kampungan.

Mereka yang berlagak sok keren, sok kecakepan, sok tajir dan sok tau itulah sosok kampungan yang sebenernya!

Dasar KAMPUNGAN!!



-saya si orang kampung alias wong ndeso-

0 Response to "Orang Kota yang Kampungan!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel