Setahun Lalu, Sensasi Hari Pertama jadi Wartawan

Tepat di tanggal ini setahun yang lalu adalah hari pertama saya masuk kerja. Menjadi seorang reporter di sebuah media online di Kota Bandung. Wartawan. Wow, meski bukan hal baru buat saya (karena sebelum saya pindah kerja di tempat ini, sebelumnya saya juga reporter  sebuah tv cable-red) tapi itu cukup membuat hati saya berdebar-debar. Apalagi sistem kerjanya jauh berbeda. Masih ingat jelas bagaimana perasaan saya waktu itu ketika mulai berpamitan pada orang tua untuk berangkat kerja. Ecxited, penuh rasa penasaran sekaligus takut bercampur aduk dalam dada. Sesampainya di kantor sekitar pukul 9.00 WIB, saya pun lalu berkenalan dengan beberapa teman. Pertama, saya diminta membaca terlebih dahulu gaya pemberitaan media tersebut, di sebuah laptop saya pun berselancar,  mengamati sekaligus mempelajarinya. Korlip (Koordinator Liputan) pun kemudian mulai menginstruksikan saya untuk liputan. Sendiri. Mencari berita lifestyle. Berita lifestyle adalah berita ringan yang temanya antara lain bisa kuliner, heritage, FO, Distro, cafĂ©, music dan lainnya.

Saya pun mulai menyusuri Jalan Ir Djuanda atau yang lebih sering dikenal dengan Dago. Di
situ menurut koorlip saya itu, masih banyak tempat yang belum diliput. Namun ternyata susah-susah gampang. Memang banyak tempat yang belum diliput –seperti FO misalnya- tapi kebanyakan pemilik tempat atau manager sedang tidak berada di tempat sehingga sulit untuk wawancara. Sepanjang perjalanan itu saya tempuh dengan berjalan kaki. Sendiri. Karena jarak FO, Distro, kafe, restoran dan lainnya di Dago memang berdekatan, rasanya malah mubazir kalau saya naik turun angkot. Ya, hari pertama kerja, saya belum membawa motor.

Siang itu panas matahari terasa menyengat, saya susuri satu demi satu tempat dengan semangat yang terpancar lewat senyum, meski peluh mulai membasahi dan menggoda untuk mulai mengeluh. “Siang mba, saya tya wartaw
an detikbandung.com, ada yang punya atau managernya? Saya ingin bikin tulisan tentang FO ini,” tanyaku setiap kali saat memasuki FO. Namun seringkali jawabannya “Lagi ngga ada ditempat tuh mba, kalau mau bikin janji aja dulu. Nanti disampaikan,” kata karyawan FO itu. Saya pun lalu menitipkan sebuah deretan no yang dapat dihubungi. Satu, dua, belasan tempat saya datangi. Singkat kata, hari itu saya berhasil meliput sebuah restoran, cafĂ© dan foodcourt. Alhamdulillah.
Sekitar pukul 15.00 WIB, saya pun kembali ke kantor untuk menuliskan hasil liputan saya itu. Buka laptop, mulailah jari ini mengetikkan kata. Tapi untaian kalimat itu tak mengalir lancer. Tersendat. Kadang sebuah paragraf yang sudah tersusun itu saya hapus lagi karena merasa tidak pas. Huuft..sulit juga ternyata. Kubuka contoh-contoh tulisan sebelumnya, sambil sesekali ikut mengobrol. “Liputan kemana aja kamu hari ini?,” tanya Kabiro. Setelah menjawab dia pun lalu berkata. “Wah, hebat sehari udah 3 tempat,” katanya sambil tersenyum. Lumayan kalimat yang entah pujian atau sindiran membuat saya semangat lagi.
Tulisan-tulisan itu akhirnya selesai sekitar pukul 19.00 WIB. Namun aku masih belum beranjak dari tempat duduk, karena yang lainnya juga saat itu masih belum terlihat ada tanda-tanda akan pulang. Hingga sekitar pukul 19.30 WIB saya pun memberanikan diri meminta izin pada Kabiro untuk pulang lebih dulu karena angkot yang melintas ke kompleks rumah saya terbatas jamnya.

Entah kenapa, saat dalam perjalanan pulang, hati saya merasa gelisah. Bahkan sesekali saya menitikkan air mata. Tak tahu menangisi apa. Yang saya ingat, saat itu saya s
edang bertanya pada hati kecil saya. “Sebenarnya tya bisa ngga yah jadi wartawan kaya gini?”. Karena sebelumnya saya selalu bekerja dalam 1 tim, saya (sebagai reporter), kameraman, dan supir yang akan selalu mengantar. Jujur saat itu saya merasakan perbedaan sistem yang tak biasa. Sampai di rumah, saya pun disambut oleh keluarga yang dengan semangat menunggu cerita pengalaman hari pertama saya itu. “Gimana ya?,”  Tanya mamaku.  “Kok baru hari pertama pulangnya malem,” sambunya. Saya pun seperti biasa, bercerita dengan semangat tentang hari yang seru itu sambil menutupi kegelisahan yang dirasakan.
Hingga akhirnya waktu tidur tiba, diri ini tak lagi bisa menahannya. Saya menangis. Takut. Takut tidak bisa menjadi apa yang diharapkan oleh mereka semua. Takut semua tak berjalan lancar. Dan semua ketakutan itu terbaw
a sampai saya tidur dan bermimpi.
Hingga akhirnya, setahun telah berlalu. Waktu cepat berlalu? Tidak juga, karena saya masih merasakan proses-proses itu berjalan hingga kini. Apalagi saya bukan lagi meliput di lifestyle/soft news, dimana liputan hari ini adalah untuk naik (publish) esok hari.  Liputan news membuat deadline berjarak sedetik setelah wawancara selesai. Membuat otak di dalam kepala ini dipaksa terus bekerja untuk berpikir.  Saya masih menikmatinya. Sungguh, tidak akan ada penyesalan atas pilihan ini. Sebuah pengalaman yang begitu berharga. Bertemu dengan orang yang berbeda, isu berbeda, karakter berbeda, kondisi berbeda dan berita yang selalu berbeda setiap harinya.Saya bangga menjadi wartawan. Jurnalis. Sebuah pekerjaan yang terlalu menarik. Setahun, tak juga membuat saya menjadi jagoan. Justru semakin sadar bahwa saya masih begitu bodoh hingga harus selalu terus belajar. Pertanyaannya, sampai kapan saya akan ada ‘di sini’ ?

Entahlah…



                                                                                                -tya-

15 Responses to "Setahun Lalu, Sensasi Hari Pertama jadi Wartawan"

  1. duh,,, dulu pernah pengen jadi wartwan juga, tp gak kesampean.. hiks.. :(

    ReplyDelete
  2. tyaaaaaaa....makin ngiler dibuatnya nih...
    wartawan oh wartawan....

    satu hal yang saya sukai dan kagumi dari profesi wartawan, bahwa seorang wartawan haruslah memiliki "vitalitas" yang tinggi. Ya...di luar bahwa profesi wartawan juga bisa bawa kita pada berbagai tempat, suasana, peristiwa, dan lain-lain. Semangat ya tya...[liat tya semakin bertekad buat beresin s2 cepet-cepet :D]

    tya ikutan AJI [aliansi jurnalistik indonesia]?

    ReplyDelete
  3. oyaaaah...waaa..ko mau jadi wartawan siy..hehehe...kenapa ngga kesampean??

    ReplyDelete
  4. yup nda...vitalitas bisa dibilang kendaraan penting buat jadi wartawan...ayooooo nda...cepet beres kuliahnya...(wuiiiih...hebat euy nyampe S2)...

    tya sampe hari ini blom ikutan AJI nda...hehehe..
    tapi temen-temen banyak yg di AJI...

    ReplyDelete
  5. hehe...alhamdulillah doain aja lulus dengan lancar dan hasil gemilang :D

    kenapa? padahal ikutan aja...
    dulu saya pernah bikin event training cyber media create your own news bareng temen2 di komunitas Crayon Salman ITB, pematerinya pak donny BU dari detik.com, pasti tya kenal ya? itu tuh yg ganteng :p...

    ReplyDelete
  6. krn saya keburu jadi kuli ketik alias babu negara :D
    tapi, sampe skrg sy tetep pengen jadi penulis dan mudah2an ntar bisa punya media sendiri.. n_n

    ReplyDelete
  7. yup..tentunya...hehehe..

    gtw nih...males aja buat ikutan kaya begituan..belom pengen. Temen-temen udah pada ngajak, tapi ngerasa belom pengen aja...hehehe...

    sip..pastinya donk bisa lulus dengan lancar dan gemilang..semangat ya ndaaa...

    ReplyDelete
  8. yup..tentunya...hehehe..

    gtw nih...males aja buat ikutan kaya begituan..belom pengen. Temen-temen udah pada ngajak, tapi ngerasa belom pengen aja...hehehe...

    sip..pastinya donk bisa lulus dengan lancar dan gemilang..semangat ya ndaaa...

    ReplyDelete
  9. ntar klo udah punya media sendiri kabarin yaaah...kali aja tya mo ngelamar kesitu..hehehe...
    btw..kuli ketik alias babu negara itu apa yah?? PNS kah??

    ReplyDelete
  10. ko sedih sih...alhamdulillah,,apalagi sekarang-sekarang ini bnyk bgt yg pengen jadi PNS..ya kaaan??

    semangat :D

    ReplyDelete
  11. makasi atas semangatnya.. sy sih cita2nya jadi pengusaha :D

    pengen juga nih bisa kumpul2 dgn mp'ers yg bisa saling menyemangati.. kapan ya? *mikir*

    ReplyDelete
  12. sayangnya aku pengen jadi wartawan gak kesampean hiks...(aku menyukai dunia tulis menuis dan sastra)

    salam kenal ya....semoga dari blog ini bisa saling berbagi ^^

    salam

    ReplyDelete
  13. mampir dulu.. komennyah nanti yah.. hehehhhehee

    ReplyDelete
  14. dulu waktu saya komen ptama,, saya belum pernah liputan secara beneran (baca-bukan tugas kuliah, tapi tugas kantor-walau PKL heheheh) , dan sekarang saya sudah pernah liputan beneran,. ehehehe..

    di gedung sate, di pemkot, di polda, di polres, di ciwidey, ketemu si itu, si ini , si anu, si eta, si entuh,, banyak deh.. seru,, melelahkan...cape,,, puas,.,, jenuh,, ngangenin,,ngelemesin,,nyemangating,, ohhh,, sungguh jadi wartawan itu ternyata "seperti itu".

    lalu,, sekarang sudah 2 tahun setengah tuh situh jadi wartawan yang harus melaporkan lebih cepat dari siapapun,, bahkan mungkin malaikat belum selesai nyatet, ente udah,, heehhehe,, bcanda....yang harus cepat,, harus duluan,, muter otak lebih dulu,,, nyampe kantor digodain pula di garasi,, hehehehehhe (pernah ikut ngegodain juga sih sayah,, wkwkwkwkwkwkw).. lalu gimana kesannya sekarang setelah 2,5 taun beraksi jadi wartawan ????

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel