Jadi Pengen SMA Lagi!!

Hehehe...sebelumnya maaf, tulisannya panjang banget. Tya juga ngga nyangka bisa nulis sampe sepanjang ini. Ini mungkin bakal jadi tulisan terpanjang yang pernah tya posting disini ^^. Tapi karena ceritanya menyenangkan, jadinya ngga kerasa. Mungkin tulisan ini bakalan lebih panjang lagi, seandainya tya ngga ngantuk..hehehe..


~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~



Whooaaa...ecxited banget deh liputan tya hari ini. Berasa diajak bernostalgila masa SMA. Efeknya ya jadi gini nih, kenangan-kenangan yang seru masa SMA jadi kebayang-bayang lagi. Apalagi sekarang sekolahnya jadi amat sangat keren sekali deh (aslinyah!!). SMAN 15 Bandung Keren!! Tya jadi pengen SMA lagiii...
Bahagia deh, guru-guru, penjaga sekolah, ibu kantin, sampe satpam masih inget sama tya. Seriusan, tadi sempet ngebayangin tya dan teman-teman lainnya masih pake seragam putih abu. Dengan beberapa adegan-adegan tak terlupakan di beberapa sudut sekolah. (caelah bahasanya..heuheu)...
Baiklah, tya jadi ingin cerita lengkap nih. Jadiiii....
Sejak kemarin, setelah wawancara dengan Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, saya tahu kalo hari ini, Wakil Wali Kota Bandung bakalan meninjau penyelenggaraan UN di sekolah saya. Pas tau kalo SMA saya yang akan ditinjau, saya udah seneng. Langsung ngebayangin gimana rasanya liputan di almamater sendiri. Temen saya yang biasa liputan di desk pendidikan pun saya lobi, supaya saya aja yang liputan. Selain karena yang datengnya Wakil Wali Kota (kan saya desk-nya di pemkot), juga karena tempatnya yang deket dari rumah.
Seneng banget yah ternyata ^^...beda sama kalo saya liputan ke Unpad. Meskipun sama-sama almamater tapi kok rasanya beda aja. Sampe di depan gerbang, hati ini kayanya udah ngerasa bersemangat ngga jelas gituh. Abis parkir di luar gerbang, tya nyamperin gerombolan (kesannya gimana banget yah..meni gerombolan) wartawan dan fotografer lainnnya yang udah nunggu ngga jauh dari gerbang bekas sekolah saya itu. Dari info, mereka belom boleh masuk sekolah, karena harus nunggu si bapak wakil wali kota itu, bahkan cuma untuk motret-motret pun ngga boleh katanya. Beberapa saat, saya pun nunggu sambil ngobrol di pinggir jalan menuju sekolah saya itu. Saya pun mulai senyum-senyum sendiri. Mulailah saya ngga bisa nahan untuk bilang kalo sekolah yang mau ditinjau itu adalah sekolah saya dulu.

tya : dulu warung ini belom ada pas jaman tya sekolah.
temen : emang kamu alumni sini ?
tya : iyaaaaa :D (sambil senyum lebar-tapi boong)
temen : sekolahnya bagus yah ? (sambil penasaran *ngga yakin)
tya : hmmm (mulai loading) ngga tau deh kalo sekarang. tapi waktu jaman tya sih kayanya biasa aja deh.
temen : katanya sekolahnya bagustya : (mengernyitkan dahi sambil mikir : iya gituh? soalnya udah lama banget ngga ke sekolah dan ngga denger kabar tentang sekolah).

Abis itu, tya bilang ke temen-temen kalo tya mo masuk ke sekolah. Meskipun deg-degan takut ngga boleh masuk. Tapi udah diniatin, kalo ngga boleh masuk, tya mo bilang aja kalo tya cuma mau ketemu guru-guru saya dulu. hehehe..sambil jalan menuju gerbang tya mulai sadar, sekolah saya itu sekarang semakin bagus, tidak seperti jaman saya dulu. Dulu ngga ada taman-taman di depan pager, bangunannya juga belum tingkat. Ya ampuuun..ternyata iyah, sekolah saya itu jadi bagus sekaliiii...

Pertama, yang melihat saya mendekat ke arah gerbang adalah pak satpam -yang saya lupa namanya siapa, tapi saya inget banget sama bapak satpam itu-. Dia senyum, saya juga jadi senyum. Senyumnya mulai mikir *ini siapa yah?. Saya juga mulai mikir, *bapak satpam ini kenal ngga yah sama saya. Senangnya, ternyata dia masih inget.tya : bapaaak..lupa yah sama saya (dengan nada ramah..haha..)
pak satpam : eh, neng mah alumni yah? (sambil terlihat menduga-duga)
tya : iya pak, wah, bapak masih inget. (sambil nyengir kuda-tapi boong)
pak satpam : inget atuh neng. mau ngapain?tya : saya mau liputan pak (dengan nada yang menyiratkan kebanggaan-naon sih)
pak satpam : eleuh, si neng sekarang jadi wartawan? *nampak semangat
tya : hehe. iya pak.
dan blablabla kami pun ngobrol sebentar.

Lalu saya pun bilang sama pak satpam kalo saya pengen ketemu guru-guru dan minta masuk sekolah. Baru masuk gerbang, saya ketemu guru olahraga saya. Namanya Pak Mustari, saya langsung sapa dia, sambil cium tangan. Dia kaget, dikiranya siapa kali. tapi dia akhirnya sadar kalo saya ini mantan anak didiknya. Begitu juga dengan Pak Asep, guru sejarah saya yang galak itu, lalu Ibu Eka, yang saya lupa ngajar apa dia. Mengobrol-lah kami dengan seru, seputar sekolah, juga seputar saya. Seperti biasa, bahas kegiatan saya setelah lulus, sampe akhirnya sekarang sudah jadi reporter. Sambil ngobrol-ngobrol itu 


saya makin lama makin sadar sekolah saya itu sekarang telah mengalami kemajuan pesat. Terlihat gedung 2 tingkat telah berdiri di dekat aula. Seingat saya, dulu lahan itu cuma kebun tak terurus, yang sempat dijadikan tempat mengubur kucing yang mati terinjak teman saya. huhuhu..jadi inget deh kejadian menyedihkan itu =(. Penghijauan juga terlihat begitu diperhatikan, banyak sekali poho-pohon yang ditanam, suasana jadi lebih asri dan rindang. Mantaaap. Waw..sekolah saya jadi keren deh.

Lalu kata bapak dan ibu guru, perkembangan sekolah kami itu terjadi setelah adanya Kepala Sekolah yang baru. Sejak 2 tahun lalu, Ibu Sundari (Kepsek yang baru itu) telah banyak memajukan sekolah. Saya pun lalu dikenalkan pada ibu kepsek itu. Dia pun bercerita, seputar perkembangan sekolah yang membuat saya tiba-tiba jadi iri. Kenapa pas saya sekolah, kondisinya ngga sebagus ini yah? Terus kata ibu kepsek itu, bukan cuma saya aja yang bilang kaya gitu, hampir semua alumni yang dateng bilang kaya gitu. "Malah anak-anak kelas 3 juga iri, kenapa pas mau keluar sekolahnya malah jadi bagus," kata Ibu Sundari.
Dari Ibu Sundari juga saya jadi tahu, ternyata sekolah saya ini sejak awal Februari lalu punya fasilitas yang diunggulkan. Bukan laboratorium atau area wifi, tapi WC. Loooh?? Iyah, kaget juga pertamanya, ibu itu bilang, WC di sekolah saya itu seperti WC yang ada di mal-mal yang nyaman dan bersih. Saya lalu diajak melihat-lihat, tapi baru aja sampe bagian perpustakaan, saya pun jadi heboh karena beberapa guru yang saya kenal ada disitu. Jadilah ibu kepsek itu saya abaikan sesaat karena saya sibuk menyalami guru-guru itu satu persatu. Bahagia rasanya bertemu mereka. Beberapa saat kami sibuk saling bertanya. Ibu-ibu bapak-bapak guru, saya kangeeen. Saya senang bisa tertawa bersama mereka. Ada wali kelas saya sewaktu kelas 1, juga wali kelas saya sewaktu kelas 3. Guru-guru yang ada di sekolah hanya sedikit, karena yang lainnya justru sedang menjadi pengawas di SMA lainnya. Ngga kebayang kalo semua guru ada, mungkin yang ada saya bukan liputan, tapi malahan asik reunian.

Tapi, yang ngga tya ngerti, kenapa masalah ukuran tubuh tetep jadi bahasan yang harus selalu diselipkan oleh setiap guru yang ngobrol. Tapi tya suka, soalnya itu berarti mereka masih inget sama tya.
Bu Liris (Wali Kelas I, guru yang asik) : Kok kamu masih kecil aja sih (hihihihi..sambil ketawa geli).
Bu Atie (Guru PpKN favorit) : Neng tya, ibu mah ngga bakal lupa. Si mungil, centil (gubrak!!)
Pak Asep (Guru Sejarah yang Galak nan Sangar) : Naha sih maneh mah teu gede-gede euy (untung saya tau nih kalo si bapa emang bawaannya begitu, kalo engga, saya bisa sakit hati dikatain begitu)
Pak Undang (Wali Kelas 3, favorit saya juga) : kalo wartawan badannya kecil mah jadi lincah yah? (hmmm..ngga selalu juga sih pak).

Ada juga yang lucu, waktu saya datengin Pak Rihandono, guru Sosiologi saya. Dulu, saya pernah dimarahi olehnya gara-gara kebanyakan ngobrol di kelas.

tya : bapaaak, apa kabar. Masih inget tya ngga yah? (sambil salam)
Pak Rihandono : ini murid bapak yah?tya : iya pak, yang dulu pernah dimarahin bapak..hihihi...jadi malu...
Pak Rihandono : jangan bilang dimarahin ah, itu kan tanda sayang guru.
tya : hehehehe..iya pak.. *nyengir :D

Terus mendadak inget kelakuan saya waktu itu. Hadoooh..memalukan..hehe..

Setelah lumayan seru ngobrol, baru saya ngeh kalo kepsek daritadi dianggurin. Maaf ya bu. Dan ternyata ngga berapa lama dari itu, yang ditunggu pun datang. Bapak Kepala Disdik datang. Teman-teman wartawan dan fotografer lainnya juga udah pada ngumpul di dekat lapangan basket. Akhirnya Bapak Wakil Wali Kota pun datang, peninjauan di mulai. Ternyata eh ternyata, peninjauan ke SMAN 15 bukan cuma untuk pemantauan UN, tapi juga pemantauan adipura, karena emang sekolah ini jadi salah satu titik pantau yang dinilai. Hebat yah...

Selama ngikutin peninjauan, muterin sekolah, semakin menjadi aja keinginan untuk balik lagi jadi anak SMA. Setiap ngeliat kelas, lorong, WC, mushola, taman, selalu aja ada banyak yang bisa tya inget. hoaaa..kalo kesini sama temen-temen SMA pasti seru sekali.. Yang bikin berdecak, ya pas nyampe WC nyaman yang berasa di mal itu. Lokasi WC yang sekarang, di jaman tya adalah ruang BP. Dan yap, WC nya keren. Meskipun ternyata, untuk masuk si WC itu, harus dilepas sepatunya, karena WC itu WC kering.
Keliling-keliling lagi, ke daerah taman belakang, tempat saya bermain boy-boyan sama temen-temen. Aaah..sumpahnya..berasa diserbu kenangan. Alhasil, yang ngeliat tya senyum-senyum aneh pun cuma bisa heran aja. Huuh..andai aja mereka tau apa yang tya rasain di dalem hati. (ahahah
a..geuleuh ih lebay).

Oiya, tadi juga ketemu ibu warung kantin, dan dia pun masih inget tya, meskipun harus membawa serta nama teman lelaki saya yang memang terkenal di angkatan saya itu. "Ibu inget sama neng mah, blok nya si A**y yah?" katanya. Ibu warung yang biasa disapa ema ato sinyo itu bercerita kalo sekarang dia sudah diangkat jadi karyawan sekolah. Senangnya mendengar itu. Dia juga cerita tentang perkantinan di sekolah saya itu. "Mang koko masih ada, si om sama tante juga masih," sambungnya. Huuu..kantinnya pun sekarang berubah, ya lokasinya, ya bentuknya. huhuhu...
Ada lagi yang sinyo tanya sama tya tadi: "Waktu itu teh, pacar si neng yang mana yah?" bhuahahaha...ngga tau kenapa tiba-tiba pengen ketawa...sinyooo...kangen mabal ke warungmu lagiii..haha..

Setelah laporan berita sesudah wawancara, saya pun lalu meneruskan dengan wawancara kepsek tentang WC nyaman itu. Rencananya mau saya bikin feature. Lumayan menarik, lagipula sekalian banggain sekolah sendiri. hehehe... Sewaktu wawancara siswa, sambil ditemenin Pak Asep II (bukan Pak Asep Sejarah), si anak SMA dengan kurang ajarnya bilang. "Teteh teh alumni yah? Masih cocok hayoh teh kalo pake rok abu-abu" kata si anak lelaki yang nampak begundal itu. Siyaaal..masa digituin ama junior, ngga terima.hahaha.. akhirnya dia pun saya jadikan korban, untuk jadi model foto saya untuk peragaan WC. hihihi.. setidaknya jadi 1-1.

Haaaaaaaaa.....hari ini seru sekaliii...sukaaaaa....

Pulang liputan dari sekolah saya itu, sepanjang perjalanan jadi inget masa-masa SMA. Ntar mau nulis cerita-cerita tentang jaman SMA aaaaaaaah...
High school never ends...



-putih abu tak akan kembali-

20 Responses to "Jadi Pengen SMA Lagi!!"

  1. pindah situ ja mba. . .
    hehe

    ReplyDelete
  2. ^^ xixixi , sama kalo lewat depan sekola SMA dulu berasa banget pengen balik lagi jadi anak SMA
    brapa bulan lalu, akhirnya aku sama beberapa temen sepakat untuk maen sore2 ke sekolah kita dulu , da alhasil hmmm.....langsung berjuta kisah nongol di kepala ^^

    ReplyDelete
  3. alaaaahhhh....sma 15 teh dmn?

    ReplyDelete
  4. masa pindah ke SMA lagih? hihihi...

    ReplyDelete
  5. iyaaa...tya juga jadi pengen ngajakin temen-temen SMA untuk dateng ke sekolah..pasti seru banget. Kalo kemaren cuma bisa senyum-senyum sendiri..hihi..

    ReplyDelete
  6. huhuhuhu...ini nih pertanyaan yang sering banget ditanyain. Emang sih lokasinya diskotik (disisi kota saeutik) tapi makanya kata ibu kepsek, itu bikin murid-murid ngga bangga nyebutin sekolah dimana. Tapi kalo liat sekolahnya sekarang, mereka patut bangga dan seneng, meskipun masih belom terkenal banget. Tapi setidaknya mulai naik daun loooh...

    oiya, SMAN 15 itu di Jalan Sarimanis I No 1 Lik..maen deh kesana..pasti setuju kalo sekolahan itu bagus..ahaha...

    ReplyDelete
  7. iyap..keren banget! ngga nyangka..

    lagi mo bikin feature tentang WC-nya nih..ntar tya tulis lengkapnya disitu..hehe..

    ReplyDelete
  8. tidak mau ma SMA lagi...UN nya tambah sulit :D

    ReplyDelete
  9. ahaha..sepakat. Kalo bagian itu kita sama, ngga mau deh kalo harus UN lagi...hehehe...

    ReplyDelete
  10. Pake acara ujian bareng polisi lg...sekolah jd mirip penjara :D

    ReplyDelete
  11. walaaah?? seriusan ada polisi di sekolah? waaaah..di bandung sih ngga gitu deh kayanya..

    itu kan mempengaruhi psikologis siswa..

    ReplyDelete
  12. Di daerah lain, sprt sulawesi, biasa tuh siswa berurusan sm polisi kyk gitu. Tdk di sekolah atau jalanan, anytime, anywhere. Police is part of our lifestyle :D

    ReplyDelete
  13. dimana pula ini jalan sarmanis 1??
    mun sari ater saya tau...hehehe

    ReplyDelete
  14. naek angkot sarijadi-st.hall nyampe di depannya da :P hehehe
    kira-kira sih 1 km dari maranatha lah...deket rumah susun sarijadi..kalo ngga tau juga juga, hayu urang ka sari ater dulu..hehe..

    ReplyDelete
  15. kmu tuh di daerah mana sih? makasar kan?

    kayanya ngga nyaman banget kalo polisi udah jadi bagian dari lifestyle..hmmm...

    ReplyDelete
  16. tah...mendingan ke sari ater aja lah...
    pasti langsung tau...hehehe

    ReplyDelete
  17. kita tetap butuh polisi utk menilang kendaraan yg melanggar :D

    ReplyDelete
  18. ya maap klogitu. ..
    kan jarang ol mba. .

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel